Wednesday, March 7, 2012

angkak dan fungsinya

BAB I
Sejarah Angkak

Asal Mula Angkak
Angkak juga dikenal sebagai Beras merah cina yang merupakan pengawet dan pewarna makanan alami dan menyehatkan.
Selain itu angkak ini Juga dianggap sebagai obat bermacam penyakit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh neneraa badan riset, maka angkak yang merupakan produk olahan dari beras ini dapat berkhasiat sebagai penurun kolesterol karena telah terbukti dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.
Kata angkak semakin sering terdengar seiring merebaknya kasus demam berdarah dengue (DBD). Seperti yang telah kita ketahui kasus DBD ini muncul secara rutin setiap tahun dari waktu ke waktu, khususnya di musim penghujan maka akan terjadi peningkatan angka wasyarakat yang terkena wabah DBD ini.
Di beberapa negara, angkak dikenal dengan sebutan yang berbeda - beda, seperti beni-koji, hong qu, hung-chu, monascus, red koji, red leaven, red yeast rice, xue zhi kang, dan zhi tai. Di Cina, istilah zhi tai berarti angkak dalam bentuk tepung kering, sedangkan xue zhi kang berarti angkak yang telah diekstrak dengan alkohol.
Pembuatan angkak di Cina pertama kali dilakukan pada masa pemerintahan Dinasti Ming yang berkuasa pada abad XIV-XVII. Di Cina, angkak digunakan sejak berabad-abad yang lalu, baik untuk kepentingan bahan pangan maupun obat. Angkak dibuat melalui proses fermentasi beras dengan kapang
Monascus purpureus. Penggunaan angkak sebagai obat di Cina dimulai sejak Dinasti Tang. Deskripsi lebih rinci tentang angkak dapat dibaca pada buku Pharmacopoeia Cina kuno, yaitu Ben Cao Gang Mu-Dan Shi Bu Yi, yang dipublikasi pada masa Dinasti Ming (1368-1644).


BAB II
Pengembangan Angkak

Penelitian Tentang Angkak
Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa angkak mengandung senyawa gamma - aminobutyric acid (GABA) dan acetylcholine chloride, yaitu suatu senyawa aktif yang bersifat hipotensif, artinya mampu menurunkan tekanan darah. Karena itu, angkak sering digunakan sebagai obat penurun tekanan darah oleh penderita hipertensi.
Saat ini, secara komersial angkak telah dipasarkan sebagai produk suplemen untuk meningkatkan kesehatan jantung. Contoh - contoh produk mengandung angkak yang sudah beredar dipasaran adalah sebagai berikut :
1. Cholestini dengan kandungan angkak sebesar 600 mg per kapsul.
2. Herbalin Ruby Monascusi dengan kandungan angkak sebesar 500 mg per kapsul.
Meskipun angkak adalah Produk herbal yang memiliki banyal khasiat kesehatan namun penggunaanya tidak dapat disarankan untuk semua orang terutama pada tipe - tipe dibawah ini :
1. anak dan remaja di bawah usia 20 tahun tidak disarankan menggunakan suplemen tersebut.
2. Orang yang berisiko mengalami penyakit lever atau sedang menderita penyakit lever sebaiknya tidak mengonsumsi angkak. Sebab dengan mekanisme yang sama seperti pada penurunan kolesterol, angkak juga dapat memengaruhi fungsi hati.
3. Pecandu alkohol,
4. orang yang sedang
mengalami infeksi serius dan gangguan fisik.
5. yang mengalami transplantasi organ, dianjurkan untuk menghindari penggunaan angkak.
6. orang yang sedang hamil dan menyusui (untuk kasus ini sebenernya belum pernah dievaluasi secara khusus, tetapi sebaiknya dihindari untuk mencegah resiko yang tidak diinginkan)


BAB III
Pembuatan Angkak

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa, sejak tahun 1970-an beberapa penelitian menunjukkan bahwa angkak dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa Monascus purpureus dapat menghasilkan berbagai senyawa yang secara kolektif disebut monacolin, yaitu senyawa yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah di dalam tubuh.
Dalam penggunaan Angkak sebaiknya hal perlu diperhatikan adalah tidak dikonsums angkak secara bersama - sama dengan obat penurun kolesterol (statin) yang bersifat menghambat HMG-CoA reduktase (seperti atorvastatin, lovastatin, fluvastatin, simvastatin, pravastatin, cerivastatin). Sebab hal itu, dapat meningkatkan pengaruh obat tersebut yang akhirnya akan menaikkan risiko kerusakan lever.
Pembuatan Angkak sendiri sebenarnya tidak memerlukan tahapan dan proses yang terlalu rumit, hanya saja diperlukan ketelitian dalam pembuatannya, Berukut adalah beberapa langkah yang dilakukan dalam proses pembuatan angkak sebagai berikut :
1. Angkak dibuat dengan cara memasukkan sekitar 25 gram nasi ke
dalam cawan petri.
2. kemudian disterilisasi menggunakan otoklaf pada suhu 121 derajat Celsius selama 15 menit (Tujuan sterilisasi adalah untuk membunuh semua mikroba agar tidak mengontaminasi dan mengganggu proses pembuatan angkak)
3. Setelah selesai di otoklaf maka didinginkan hingga suhu sekitar 36 derajat
4. Kemudian nasi tersebut diinokulasi dengan 2 gram inokulum Monascus purpureus
5. Setelah itu, campuran tersebut diaduk hingga rata dan diinkubasikan pada suhu 27-32 derajat selama 14 hari.
Dari tahapan dan proses diatas maka kita dapat mengetahui bahwa angkak adalah salah satu jenis produk herbal yang pembuatannya dilakukan secara sederhana dan melalui proses yang juga sederhana namun meskipun demikian angkak memiliki khasiat yang multi fungsi.



BAB IV
Study Kasus

A. Angkak untuk Penderita DBD, Perlukah?
Pada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya didapatkan penurunan kadar trombosit yang drastis setelah hari ke-3.
Secara teori trombosit akan terus turun hingga hari ke-7. Meski begitu, bisa saja tidak harus seperti itu. Faktanya, banyak sekali ditemui, di hari-2 sudah terjadi penurunan trombosit dan banyak di antara pasien yang mengalami peningkatan trombosit mulai hari ke-6 atau ke-7. Tak jarang trombosit pun baru naik setelah hari ke-9.
Banyak orang percaya dan bahwa angkak mampu mengatasi persoalan menurunnya trombosit. Tapi perlukah? Seperti yang telah kita ketahui bahwa angkak pada dasarnya merupakan produk beras merah yang difermentasi dengan menggunakan kapang Monascus sp. Bahan ini berasal dari negari China dan kerap dipakai sebagai bahan makanan dan produk obat-obatan.Di banyak negara lain seperti Taiwan, Jepang, Korea, dan Hongkong angkak kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Sebenarnya Cara kerja klinis dari angkak dalam menaikkan trombosit memang belum diketahui secara pasti. Tak heran bila terjadi kontroversi di dunia medis kedokteran tentang penggunaan angkak pada penderita DBD.
Padahal secara teori, persoalan utama bukan pada menaikkan trombosit. Yang penting pasien tidak kekurangan cairan. Dengan demikian cairan apapun bisa diberikan pada pasien DBD, entah itu air putih biasa, minuman berelektrolit, jus, maupun sari kurma.
Dalam berbagai kasus yang terjadi Kekurangan cairan merupakan persoalan utama yang dialami pasien DBD. Ini terjadi akibat semua cairan yang dibutuhkan tubuh keluar sedikit demi sedikit dari pembuluh darah atau yang disebut leakage. Kebocoran dinding pembuluh darah ini wajar karena turunnya trombosit. Karena itu, pasien perlu banyak cairan supaya darah tidak mengental.

B. Khasiat Angkak Lainnya
1. Khasiat angkak mirip jus jambu biji merah.

William Adi Teja, ahli pengobatan cina mengatakan untuk pengobatan demam berdarah angkak tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi harus dikombinasikan dengan obat yang bersifat sejuk seperti buah-buahan berkadar air tinggi. "Demam berdarah bersifat lembap dan panas," kata alumnus Beijing University of Chinese Medicine, Cina.
Hal itu tak cocok dengan angkak yang bersifat hangat dan manis. Angkak dapat digunakan untuk memperlancar dan menstabilkan darah, mengobati luka dalam akibat pukulan, benturan atau jatuh.

2. Antikolesterol
Beberapa senyawa aktif pembentuk angkak merah adalah monakolin K atau lovastatin, dihidromonakolin,dan monakolin I hingga IV.Senyawa lainnya berupa komponen sterol seperti betasitosterol, campesterol, stigmasterol, sapogenin, isoflavon,dan asam lemak tak jenuh tunggal. D.Heber, peneliti di Pusat Gizi Manusia University of California Los Angeles (UCLA), mengungkapkan lovastatin menghambat produksi kolesterol dalam tubuh.

Caranya dengan menghentikan kinerja enzim HMG-CoA reduktase di hati. Enzim itu bertanggung jawab memproduksi kolesterol dalam darah.Secara kimiawi kinerja lovastatin meliputi mereduksi efek sintesis enzim pembuat kolesterol, memperlambat proses pembentukan kolesterol sehingga jumlahnya menurun.

Fungsi lain untuk mempercepat metabolisme dan penyerapan lipoprotein kolesterol berdensitas rendah dalam darah. Tujuannya mencegah penyakit arteriosklerosis dan mengobati hiperlipidemia. Sedangkan jumlah lipoprotein kolesterol berdensitas tingginya akan ditingkatkan. Sebab, ia sumber protein tubuh. Protein ini membawa kolesterol yang tidak diolah jantung kembali ke hati,lalu dibuang. Itu berarti tidak ada lemak yang disimpan.

Riset UCLA melibatkan 83 orang berkolesterol tinggi.Setelah minum angkak merah 12 minggu,sebanyak 2,4 gram terlarut pada 100 ml air,jumlah kolesterol jahat atau LDL menurun.Jumlah trigliserida atau substansi lemak penyebab jaringan darah rusak juga turun. Menurut William Adi Teja,angkak menguatkan badan, berapa pun dosisnya. Ia melancarkan peredaran darah dan memompa jantung lebih baik.

3. Bukti lain

Asosiasi Jantung Amerika meriset tentang pemanfaatan angkak merah pada 1999. Riset pertama melibatkan 187 orang pengidap kolesterol tinggi, LDL 130 mg/dl dan kolesterol 230 mg/dl. Hasilnya terbukti menurunkan kolesterol total sebesar 16%, LDL kolesterol 21%, dan trigliserida 24%. Sedangkan nilai HDL meningkat menjadi 24%. Riset kedua membedakan kinerja angkak dengan plasebo, obat kolesterol resep dokter.Percobaan ini melibatkan 446 pengidap kolesterol tinggi. Pasien yang minum angkak merah total kolesterol turun 22.7%,LDL 31%,trigliserida 34%, dan peningkatan kolesterol HDL 20%. Namun,mereka tidak mengeluarkan fakta tentang plasebo.
"Lovastatin di dalam angkak, mirip khasiatnya dengan obat kolesterol sintesis," kata Djadjat. Beberapa merek obat kolesterol di pasaran adalah Mevacor,Cholestin dan Lestric dengan harga Rp1.000.000 ?Rp1.200.000 per 30 tablet berdosis 20 mg/tablet.Kini Bioteknologi LIPI di bawah komando Djadjat memproduksi angkak merah untuk suplemen kolesterol dan pewarna daging.

Perbandingan jumlah lovastatin pada angkak dan obat kolesterol sintesis amat tinggi. Lovastatin dalam angkak hanya 0,2 persen.Dengan teknik produksi tertentu, kadar lovastatin dapat ditingkatkan hingga 100%.Misalnya dengan memanfaatkan kapang Monascus pilosus dan Monascus anka. Tidak ada dosis yang ditetapkan untuk mengkonsumsi angkak sebagai penurun kolesterol,? kata alumnus Massey University, Selandia Baru. Ia menganjurkan konsumsi angkak bubuk minimal 400 ?800 mg tiap hari.Itu setara dengan 5 - 10 mg lovastatin.

Pernyataan Djadjat itu sesuai dengan penelitian Lemebertas dan Hebertas seperti dikutip Journal Alternatif Complement Medicine .Mereka mengungkapkan, jumlah lovastatin angkak merah bervariasi tergantung jenis kapang yang digunakan. Dari sembilan jenis kapang yang mereka teliti menghasilkan perbedaan kandungan lovastatin sebesar 0 ?0,58%.

4. Berbahan beras

Angkak menjadi konsumsi harian masyarakat Cina terutama sebagai pengawet dan penyedap makanan. Penduduk Taiwan memilih meminumnya dalam bentuk anggur beras. Sebenarnya angkak tidak mempunyai rasa. Etnis Cina mempunyai kebiasaan mencampurkan angkak agar perut nyaman setelah makan dan masakan berwarna merah lebih menarik.

Penelitian fermentasi beras menjadi pewarna alami dilakukan Prof Srikandi Fardiaz dari Institut Pertanian Bogor. Hasil pengujiannya menunjukkan pigmen angkak cukup aman digunakan pada pangan. Menurut Djadjat angkak menghasilkan empat pigmen. Dua pigmen utama berwarna merah bernama monaskorubin dan monaskin. Sedangkan lainnya berwarna kuning dan jingga.

Warna merahnya stabil dalam proses pengolahan. Pewarna ini paling cocok diaplikasikan pada industri sosis dan daging ham. Selama ini produk pangan itu menggunakan nitrit sebagai penguat warna merah dan mencegah pertumbuhan bakteri. Walaupun penggunaan nitrit tidak bisa dihilangkan seluruhnya, paling tidak ketergantungannya dapat dikurangi.

Faedah beras ternyata tak Cuma mengenyangkan. Setelah diberi cendawan tertentu, ia berubah warna dan bertambah senyawa aktifnya seperti lovastatin. Beras yang bersalin rupa itu juga menyehatkan tubuh.


BAB V
KESIMPULAN

1. Angkak adalah Makanan yang berasal dari fermentasi dari beras
2. Angkak dapat membantu menyembuhkan Demam nerdarah karena terbukti dapat membantu menaikkan kadar trombosit
3. Angkak juga dapat membantu menurunkan panas pada penderita demam berdarah dan typus
4. Angkak dapat menurunkan kolesterol dalam darah
5. Angkak tidak boleh digunakan pada penderita liver dan gangguan fungdi hati karna dapat merusak hati
6. Angkak tidak boleh digunakan untuk ibu menyusui
7. Angkak dapat digunakan sebagai pengawet makanan yang alami
8. Angkak juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan alamiAngkak juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi


BAB VI
Daftar Pustaka
1. http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/214-angkak-murah-dan-efektif-turunkan-kolesterol.html
2. http://www.mail-archive.com/undip@pandawa.com/msg03494.html
3. http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1763908-angkak-dapat-menurunkan-kolesterol/
4. http://www.kamusilmiah.com/pangan/minum-angkak-menyehatkan/
5. http://kesehatan.kompas.com/read/2009/10/12/20035310/Angkak.untuk.Penderita.DBD.Perlukah.
6. http://forumnova.tabloidnova.com/showthread.php?t=319
7. http://www.google.co.id/images?q=angkak&um=1&hl=id&ie=UTF-8&source=univ&ei=D_IWTKibGo2wrAf4gN2eCg&sa=X&oi=image_result_group&ct=title&resnum=4&ved=0CDAQsAQwAw
8. http://demam-berdarah.blogspot.com/2008/11/angkak-info-tentang-

spektro massa

Etimologi

Kata spektrograf telah digunakan sejak 1884 sebagai sebuah "International Scientific Kosakata". The linguistik akar adalah kombinasi dan penghapusan morfem terikat dan morfem bebas yang berhubungan dengan istilah spectr-um dan PHOT-ograph-ic piring.
Spektrofotometer awalnya merupakan perangkat yang mengukur massa terhadap rasio biaya ion yang dikenal juga dengan istilah spectrographs massa yang terdiri dari alat yang pencatat spektrum nilai-nilai massa pada pelat fotografi.
spectroscope massal mirip untuk spektrograf massa kecuali bahwa ion sorotan diarahkan ke sebuah fosfor layar. spectroscope konfigurasi massal digunakan dalam instrumen awal ketika diinginkan bahwa efek dari penyesuaian dengan cepat diamati. Setelah alat itu benar disesuaikan, foto piring itu dimasukkan dan terbuka.
Istilah spectroscope massa tetap digunakan meskipun pencahayaan langsung dari layar fosfor tidak langsung digantikan oleh pengukuran dengan osiloskop. Penggunaan spektroskopi massa sekarang jarang digunakan karena kemungkinan seringnya terjadi kekeliruan dengan cahaya spektroskopi. Spektrofotometer massa sering disingkat sebagai massa-spec atau hanya sebagai MS. Thomson juga mencatat bahwa spectroscope massa mirip dengan spektrograf massa kecuali bahwa ion sorotan diarahkan ke sebuah fosfor layar. Akhiran-lingkup di sini menunjukkan penampilan langsung dari spektra (kisaran) dari massa.


Pengertian Spektrofotomerti Massa

Spektrometri Massa atau yang dikenal dengan istilah (MS) adalah suatu teknik analitis untuk penentuan komposisi elemen sampel atau molekul. Hal ini juga digunakan untuk menjelaskan struktur kimia molekul, seperti peptida dan lain senyawa kimia.
Prinsip Spektrometri Massa ( Ms ) adalah pengionan senyawa - senyawa kimia untuk menghasilkan molekul bermuatan atau molekul fragmen dan pengukuran dari massa terhadap rasio biaya.


Contoh Spektofotometer massa Sederhana

Sistem yang digunakan dari sebuah spektrometer massa sederhana adalah dengan massa jenis sektor analyzer. Yang ini biasanya digunakan untuk pengukuran rasio isotop karbon dioksida (IRMS) seperti pada karbon-13 tes napas urea
Contoh berikut menggambarkan operasi dari sebuah spektrometer massa analyzer, dari golongan sejenis.
Perhatikan contoh natrium klorida (garam meja). Dalam sumber ion, sampel adalah zat yang dapat menguap (berubah menjadi gas) dan terionisasi (berubah menjadi partikel-partikel bermuatan listrik) dan terbagi menjadi beberapa senyawa yaitu ke dalam natrium (Na +) dan klorida (Cl -) ion. Sodium atom dan ion monoisotopic, dengan massa sekitar 23 amu. Atom dan ion klorida memiliki dua isotop dengan massa sekitar 35 amu (pada kelimpahan alam sekitar 75 persen) dan sekitar 37 amu (pada kelimpahan alam sekitar 25 persen).
analyzer bagian dari spektrometer mengandung listrik dan magnet , yang memberikan gaya pada ion untuk bepergian melalui bidang-bidang ini. Kecepatan partikel bermuatan dapat ditingkatkan atau diturunkan saat melewati medan listrik, dan arahnya dapat diubah oleh medan magnet. Besarnya defleksi yang bergerak lintasan ion tergantung pada massa terhadap rasio biaya. Ion ringan bisa dibelokkan oleh gaya magnet lebih dari ion berat ( berdasarkan hukum kedua Newton tentang gerak, F = ma).
Aliran ion diurutkan lulus dari analyzer ke detektor, yang mencatat kelimpahan relatif dari masing-masing jenis ion. Informasi ini digunakan untuk menentukan komposisi unsur kimia sampel asli (yaitu bahwa baik natrium dan klorin terdapat pada sampel) dan komposisi isotopik para konstituennya (rasio 35 Cl hingga 37 Cl).


Prosedur penggunaan Spektrofotometri massa (MS)
1. sampel di-load ke MS instrumen, dan mengalami penguapan.
2. the components of the sample are ionized by one of a variety of methods (eg, by impacting them with an electron beam ), which results in the formation of positively charged particles ( ions ) komponen-komponen sampel terionisasi oleh salah satu dari berbagai metode (misalnya, dengan mempengaruhi mereka dengan berkas elektron), yang menyebabkan pembentukan partikel bermuatan positif (ion)
3. the positive ions are then accelerated by an electric field ion positif kemudian dipercepat oleh medan listrik
4. computation of the mass-to-charge ratio ( m/z ) of the particles based on the details of motion of the ions as they transit through electromagnetic fields, and perhitungan dari massa terhadap rasio muatan (m / z) dari partikel-partikel berdasarkan rincian gerakan ion saat mereka transit melalui elektromagnetik ladang, dan
5. detection of the ions, which in step 4 were sorted according to m/z . deteksi ion, yang pada langkah 4 adalah diurutkan menurut m / z.

Spektrofotometri massa instrumen terdiri dari tiga modul yaitu :
1. suatu sumber ion, yang dapat mengubah molekul sampel fase gas menjadi ion-ion (atau, dalam kasus electrospray ionisasi, bergerak ion yang ada dalam larutan ke dalam fasa gas);
2. massa analyzer, yang memilah ion oleh massa mereka dengan menerapkan medan elektromagnetik d
3. detektor, yang mengukur nilai suatu indikator kuantitas dan dengan demikian menyediakan data untuk menghitung kelimpahan dari setiap ion yang hadir.
Teknik ini baik kualitatif dan kuantitatif menggunakan. Ini termasuk mengidentifikasi senyawa yang tidak diketahui, menentukan isotop elemen komposisi dalam sebuah molekul, dan menentukan struktur suatu senyawa dengan mengamati para fragmentasi.
Kegunaan lain termasuk kuantitatif jumlah senyawa dalam sampel atau mempelajari dasar-dasar kimia fase gas ion (ion kimia dan netral dalam kekosongan). Spektrofotometri massa sekarang di sangat umum digunakan dalam laboratorium analisis penelitian fisik, kimia, atau sifat-sifat biologis sejumlah besar senyawa

Instrumentasi

Ion teknologi sumber
Sumber ion adalah bagian dari spektrometer massa yang mengionisasi materi analisis di bawah (yang analyte). Ion kemudian diangkut oleh magnet atau medan listrik dengan massa analyzer.
Teknik untuk ionisasi merupakan kunci untuk menentukan jenis sampel yang dapat dianalisis dengan spektrometri massa. Elektron ionisasi dan ionisasi kimia yang digunakan untuk gas dan uap. Dalam ionisasi kimia sumber, analyte ini terionisasi oleh ion-molekul kimia reaksi selama tabrakan dalam sumber. Dua teknik yang sering digunakan dengan cair dan padat termasuk sampel biologis electrospray ionisasi (diciptakan oleh John Fenn) dan matriks-dibantu laser desorption / ionisasi (MALDI, yang dikembangkan oleh K. Tanaka dan secara terpisah oleh M. Karas dan F. Hillenkamp
Induktif digabungkan plasma (ICP) sumber-sumber yang digunakan terutama untuk analisis kation beragam jenis sampel. Dalam jenis ini Sumber Ion Technology, sebuah 'api' plasma yang netral secara keseluruhan, tapi itu memiliki fraksi yang cukup besar dari atom terionisasi oleh suhu tinggi, digunakan untuk memperkenalkan atomize molekul sampel dan untuk mengupas lebih jauh elektron terluar dari atom. Plasma biasanya dihasilkan dari gas argon, karena energi ionisasi pertama dari atom argon lebih tinggi daripada yang pertama dari unsur-unsur lain kecuali Dia, O, F dan Ne, tetapi lebih rendah dari energi ionisasi kedua semua kecuali yang paling elektropositif logam. Pemanasan dicapai oleh radio-frekuensi arus melewati kumparan yang mengelilingi plasma. antara Lain meliputi lucutan cahaya, lapangan desorption (FD), pemboman atom cepat (FAB), thermospray, desorption / ionisasi pada silikon (Dios), Analisis langsung di Real Time (DART), tekanan atmosfer ionisasi kimia (APCI), spektrometri massa ion sekunder (SIMS), percikan ionisasi dan ionisasi termal (TIMS). [18]
Lampiran ion ionisasi adalah teknik ionisasi lunak baru yang memungkinkan fragmentasi analisis gratis.

Teknologi analisa massa

Analisis massa memisahkan ion sesuai dengan massa terhadap rasio biaya. Berikut dua undang-undang mengatur dinamika partikel bermuatan dalam medan listrik dan magnet dalam vakum:
(Gaya Lorentz hukum);
(Hukum kedua Newton gerak dalam kasus non-relativistik, yakni hanya berlaku di kecepatan ion jauh lebih rendah daripada kecepatan cahaya).
Berikut F adalah gaya yang diberikan kepada ion, m adalah massa ion, a adalah percepatan, Q adalah muatan ion, E adalah medan listrik, dan v x B adalah vektor perkalian silang dari kecepatan ion dan medan magnet :
Menyamakan ekspresi di atas untuk gaya yang diterapkan pada hasil ion:

Ini persamaan diferensial adalah persamaan klasik dari gerakan partikel bermuatan.. Bersama-sama dengan partikel kondisi awal, itu sepenuhnya menentukan gerak partikel dalam ruang dan waktu dalam hal m / Q. Jadi spektrometer massa dapat dianggap sebagai "massa-untuk-biaya spektrometer". Ketika menyajikan data, biasanya menggunakan (resmi) berdimensi m / z, di mana z adalah jumlah biaya dasar (e) pada ion (z = Q / e).Kuantitas ini, meskipun informal disebut massa terhadap rasio biaya, lebih akurat berbicara mewakili rasio jumlah massa dan jumlah muatan, z.
Ada banyak jenis analisis massa, baik menggunakan statis atau dinamis ladang, dan magnet atau medan listrik, tapi semua beroperasi sesuai dengan persamaan diferensial di atas. Setiap tipe analisa memiliki kekuatan dan kelemahan. Banyak spektrometer massa menggunakan dua atau lebih massa untuk tandem analisis spektrometri massa (MS / MS). Selain massa yang lebih umum analyzer tercantum di bawah ini, ada orang lain yang dirancang untuk situasi khusus.

Transformasi spektrometri massa

Transformasi spektrometri massa (FTMS), atau lebih tepatnya Transformasi Fourier resonansi siklotron ion MS, mengukur massa dengan mendeteksi gambar saat ini diproduksi oleh ion cyclotroning dalam kehadiran medan magnet. Alih-alih mengukur defleksi ion dengan detektor seperti pengganda elektron, ion-ion yang disuntikkan ke dalam perangkap Penning (statis listrik / magnet ion perangkap) di mana mereka secara efektif merupakan bagian dari rangkaian. Detektor pada posisi tetap di angkasa mengukur sinyal listrik dari ion yang lewat di dekat mereka dari waktu ke waktu, menghasilkan sinyal periodik.Karena frekuensi yang bersepeda ion ditentukan oleh perbandingan muatan massa, hal ini dapat deconvoluted dengan melakukan Transformasi Fourier pada sinyal. FTMS memiliki keuntungan sensitivitas tinggi (karena masing-masing ion adalah "dihitung" lebih dari sekali) dan banyak lebih tinggi resolusi dan dengan demikian presisi. [24] [25]
Resonansi siklotron ion (ICR) adalah sebuah teknik analisis massa lebih tua mirip dengan FTMS kecuali bahwa ion terdeteksi dengan detektor tradisional. Ion terjebak dalam perangkap Penning gembira oleh RF medan listrik sampai mereka dampak dinding perangkap, tempat detektor berada. Ion massa yang berbeda diselesaikan sesuai dengan waktu dampak.
Detector

Detektor partikel
Unsur terakhir dari spektrometer massa adalah detektor. Catatan detektor baik muatan atau arus induksi yang dihasilkan ketika ion melewati atau hits permukaan. Dalam pemindaian instrumen, sinyal yang dihasilkan dalam detektor selama pemindaian versus di mana alat ini di scan (pada apa m / T) akan menghasilkan spektrum massa, catatan ion sebagai fungsi m / Q.
Biasanya, beberapa jenis pengganda elektron digunakan, meskipun detektor lain termasuk Faraday cangkir dan ion-ke-detektor foton juga digunakan. Karena jumlah ion analyzer meninggalkan massa di instan tertentu biasanya sangat kecil, cukup amplifikasi seringkali diperlukan untuk mendapatkan sinyal. Microchannel pelat detektor yang umum digunakan pada instrumen komersial modern. [27] Dalam FTMS dan Orbitraps, detektor terdiri sepasang permukaan logam dalam massa analyzer / perangkap ion ion wilayah yang hanya lewat di dekat ketika mereka terombang-ambing. Tidak ada arus DC dihasilkan, hanya gambar yang lemah arus AC dihasilkan dalam rangkaian antara elektroda.


karakteristik Penganalisaan spektrofotometri massa

1. kekuatan massa untuk menyelesaikan
Daya memecahkan massa adalah ukuran dari kemampuan untuk membedakan dua puncak sedikit berbeda m / z.
2. Lebih akurat
Massa akurasi adalah rasio m / z kesalahan pengukuran dengan benar m / z. Biasanya diukur dalam ppm atau mili unit massa.
3. Jarak massa
Rentang massa kisaran m / z setuju untuk analisis oleh analyzer tertentu.
4. Linear rentang dinamis
Rentang dinamis linear adalah rentang di mana sinyal ion analyte linear dengan konsentrasi.
5. Kecepatan
Kecepatan mengacu pada bingkai waktu percobaan dan pada akhirnya digunakan untuk menentukan jumlah spektra per satuan waktu yang dapat dihasilkan

No comments:

Post a Comment