Monday, July 9, 2012

Agar Bayi Lelap di Malam Hari

elipanca. Suatu kebahagian tersendiri, jika kita dikarunia anak oleh sang pencipta. Bayi lucu dan menggemaskan menjadi idaman setiap keluarga. Tetapi kendala yang sering terhjadi jika kita mempunyai bayi adalah kita harus berjaga sepanjang malam. Perlu kita ketahui, bahwa grafik kebutuhan tidur akan semakin berkurang sejalan dengan pertambahan umur (Makanya jangan heran jika anak inginnya tidur terus, tetapi kakek / nenek kita tidurnya semakin sedikit).Di siang haripun kita berharap anak untuk tidur agar tidak capek dan tidak banyak menangis. Terkadang hal yang menyusahkan orang tua adalah ketika balita sering terjaga di malam hari. Sementara orang tua membutuhkan istirahat karena seharian telah bekerja, sedangkan anak kita malah terjaga. Hal semacam itu dapat kita atasi, jika kita memahami tentang kebutuhan anak/balita. Kita harus mampu mengatur pola tidur anak/balita kita. Dengan menjaga pola tidur yang benar, niscaya anak tidak akan terjaga di malam hari. Adapun upaya yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :
Buatlah bayi terjaga selama mungkin di siang hari
Hal yang sering terjadi pada diri kita adalah merasa terganggu jika di siang hari anak terjaga, karena kalau anak terjaga akan lebih besar kemungkinannya menangis. Kita perlu berfikir jernih, lebih memilih terjaga di siang hari atau di malam hari. Jika bayi tidur siang lebih dari 3 jam, segeralah untuk dibangunkan. Ajaklah dia bercanda agar merespon tindakan kita. Walaupun pada akhirnya nanti akan tidur lagi tidak masalah. Dengan membuat bayi tejaga di siang hari bukan berarti kita tidak sayang pada anak kita. Justru hal itu adalah langkah pola pembiasaan dan pengaturan tidur anak.
Berilah ASI/Formula atau asupan yang cukup
Anak terjaga di malam hari itu disebabkan oleh dua hal, anak buang air atau anak minta ASI / Formula. Oleh sebab itulah sebaiknya sebelum tidur anak diberikan asupan atau ASI yang cukup sebelum tidur, agar anak tidak terjaga karena lapar atau kehausan.
Siapkan kebutuhan anak di dekat tempat tidurnya
Hal yang perlu kita siapkan di dekat tempat tidur anak antara lain kebutuhan untuk minum anak / formula dan popok / pakaian anak. Hal ini bertujuan agar pada saat anak terjaga di malam hari, kita dapat sesegera mungkin untuk mengatasinya. Jangan biarkan anak terlalu lama terjaga di malam hari, karena hal ini akan menjadi kebiasaan anak. Biasanya kalau anak terjaga terlalu lama di malam hari, akan agak lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur kembali. Hal inilah yang perlu kita atasi. Oleh sebab itulah semua kebutuhan anak sebaiknya disiapkan di dekat tempat tidur anak.
Hindarkan dari cahaya yang terang dan suara bising
Kepekaan anak terhadap cahaya dan suara bisanya sangat sensintif. Ia akan mudah terbangun ketika terdengar suara-suara yang diterimanya. Bahkan bayi sering kaget pada saat ia mendengar hal-hal kecil sekalipun pada saat ia sedang. Sedangkan cahaya yang terlalu terang menyebabkan ia merasa silau. Pola penerimaan cahaya mata pada bayi sangat berbeda dengan mata orang dewasa. Bayi membutuhkan adaptasi untuk penerimaan cahaya ini. Oleh sebab itulah hindarkan cahaya yang berlebihan untuk menghindari silau.
Lakukan perawatan secara teratur
Perawatan teratur ini terutama pada saat sore hari. Mandikan anak dengan air hangat dan sabun khusus bayi. Berilah minyak penghangat tubuh dan berilah PIJATAN LEMBUT (kayu putih / baby oil). Kemudia berilah bedak khusus bayi untuk menjaga kelembaban tubuh anak. Hal ini bertujuan agar anak merasa nyaman pada saat ia tertidur nantinya.
Terapkan pola tidur yang teratur
Untuk menjadikan suatu pembiasaan, kita perlu menerapkan pola-pola tersebut secara teratur bagi anak. Jika hal-hal tersebut telah kita terapkan dengan baik pada anak, maka anak akan terbiasa dengan pola-pola tersebut.

No comments:

Post a Comment