Tuesday, July 10, 2012

makanan ibu hamil

Di bawah ini juga beberapa saran sayur-sayuran dan buah yang baik bagi ibu hamil, dan juga menyusui.

  1. Kedelai Jepang (Edamame)
    Kedelai ini masuk dalam kategori sayuran. Kedelai jepang berbentuk besar, bisa dimasak sebagai sup atau camilan ibu hamil yang gurih rasanya. Edamame mengandung vitamin C, K, zat besi, magnesium, riboflavin, protein, mangan, kalium, fosfor. Bagi anda ibu hamil, ini bisa menjadi pilihan pengganti protein hewani. Pada kedelai ini terdapat senyawa mirip estrogen yang dinamakan fitoestrogen yang terbukti dapat menghambat pengeroposan tulang danmempertinggi usia menopause dan keluhan sakit pasca menopause.
  2. Alpukat
    Alpukat adalah buah yang paling kaya kandungan asam folatnya dan juga kandungan lemak baiknya yang mencapai 20-30 kali lebih banyak dari buah yang lain. Folat sangat dibutuhkan ibu hamil dan menyusui. Buah alpukat dipercaya berkhasiat bagus untuk kulit bayi. Kandungan kalorinya cukup tinggi untuk ibu hamil. Seratnya yang mampu membantu mencegah sembelit yang sering di alami ibu hamil. Kadar kalium pada alpukat cukup tinggi, senilai 2-3 kali lipat daripada pisang yang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.
  3. Daun Katuk
    Katuk adalah jenis sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, asam seskuiterna dan mampu meningkatkan air susu secara signifikan. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang ada pada candu yang bila dikonsumsi berlebihan menyebabkan keracunan papaverin.
  4. Kacang Hijau
    Kandungan yang terdapat di dalamnya: vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, asam folat. Kecambahnya (tauge) mengandung vitamin E yang tidak ditemukan pada kacang tanah dan kedelai. Bagi ibu hamil – menyusui, kacang hijau kaya akan asam folat yang sangat penting dan berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi yang berhubungan dengan kecerdasan bayi, mencegah kecacatan seperti bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida, dan kecacatan lainnya.
  5. Labu Siam
    Labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi labu siam serat dalam jumlah yang cukup, baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Kandungan asam folat pada buah labu siam bisa juga menjadi alternatif karena dapat mencukupi kebutuhan konsumsi ibu hamil, yaitu 93 mkg per 100 g.
  1. Pepaya
    Kandungan vitamin A lebih banyak dari wortel, vitamin C lebih tinggi dari jeruk dan kaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin E juga folat. Pepaya mengandung enzim papain yang memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein. Wanita yang ingin memiliki anak atau ibu hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan! Untuk ibu hamil, bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makan yang benar-benar matang.

No comments:

Post a Comment